Langsung ke konten utama

Featured Post

Blogger vs Youtuber: Siapa yang Lebih Cuan?

Hai, Sobat Gaul! Pernah kepikiran gak sih, antara jadi blogger atau YouTuber, mana yang lebih cuan? Dua-duanya kan sama-sama asyik, bisa berbagi passion, dan… mungkin aja bikin dompet tebel. Nah, di artikel ini kita bahas tuntas, dengan gaya santai dan tanpa basa-basi, mana yang sebenarnya lebih berpotensi menghasilkan cuan lebih banyak. Pendapatan Blogger: Gak Selalu Gemerlap, Tapi Stabil? Jadi blogger itu kayak punya toko online, tapi tokonya berupa tulisan. Kamu bikin artikel menarik, orang baca, dan kamu bisa dapat duit dari beberapa sumber. Yang paling umum ya iklan. Bayangkan, setiap ada yang klik iklan di blog kamu, masuklah uang ke kantong. Selain iklan, ada juga afiliasi, di mana kamu dapat komisi kalau ada yang beli produk lewat link afiliasi kamu. Terus, kamu juga bisa jual ebook, kursus online, atau bahkan jasa konsultansi. Keuntungan jadi blogger? Relatif lebih mudah di awal. Kamu cuma butuh laptop dan koneksi internet. Konsistensi m...

PENGERTIAN, FUNGSI KATUP ( VALVE ) pada SEPEDA MOTOR

Katup (Valve)  

        Katup digerakkan oleh mekanisme katup, yang terdiri atas:

  • Poros cam 
  • Batang penekan 
  • Pegas penutup 
  • Rol baut penyetel
             Katup hanya terdapat pada motor empat langkah, sedangkan motor dua langkah umumnya tidak memakai katup. Katup pada motor empat langkah terpasang pada kepala silinder. Tugas katup untuk membuka dan menutup ruang bakar. Setiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup (isap dan buang) Pembukaan dan penutupan kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam (camshaft). Sehingga silinder motor empat langkah memerlukan  dua cam, yaitu cam katup masuk dan cam katup buang. Poros cam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros cam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi, diameter roda gigi pada poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol. Sebab itu lintasan pena engkol setengah kali lintasan poros cam. 
         Katup dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas. Katup menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi. Selain itu hendaknya katup tahan terhadap panas dan gesekan. 
          Fungsi katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Karena proses pembakaran gas dalam silinder mesin harus berlangsung dalam ruang bakar yang tertutup rapat. Jika sampai terjadi kebocoran gas meski sedikit, maka proses pembakaran akan terganggu. Oleh karenanya katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran gas berlangsung.


           Katup masuk dan katup buang berbentuk cendawan (mushroom) dan di sebut “poppet valve”. Katup masuk menerima panas pembakaran, dengan demikian katup mengalami pemuaian yang tidak merata yang akan berakibat dapat mengurangi efektivitas kerapatan pada dudukan katup. Untuk meningkatkan efisiensi biasanya lubang pemasukan dibuat sebesar mungkin. Sementara itu katup buang juga menerima tekanan panas, tekanan panas yang diterima lebih tinggi, hal ini akan mengurangi efektivitas kerapatan juga, sehingga akibatnya pada dudukan katup mudah terjadi keausan. Untuk menghindari hal tersebut, kelonggaran (clearence ) antara stem katup dan kepala stem dibuat lebih besar. 
          Untuk membedakan katup masuk dengan katup buang dapat dilihat pada diameter keduanya, diameter katup masuk umumnya lebih besar dari pada katup buang. 


          Kepala katup mempunyai peranan yang sangat penting, karena ia harus tetap bekerja baik, walaupun temperaturnya berubah- ubah. Bidang atas kepala katup ini disebut tameng. Bentuknya ada yang cekung dan ada yang cembung. Tameng cekung disebut tameng terompet dan biasanya dipakai sebagai katup masuk. Sedangkan tameng cembung dipakai sebagai katup buang karena kekuatannya yang lebih tinggi.
        Pada katup juga terpasang pegas-pegas. Pegas-pegas katup ditugaskan untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit menjauhi ujung batang katup. 


Inovasi Penempatan Katup

       Berbagai jenis katup dapat pula dibedakan dari cara  penempatannya pada kepala silinder. Inovasi mesin sepeda motor dilakukan untuk mengantisipasi kecepatan tinggi, penambahan tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Ada tiga macam inovasi katup dari segi penempatannya, yaitu Katup Samping (Side-Valve), Overhead-Valve (OHV) dan Single Overhead Camshaft (SOHC).
         Katup samping (SV) merupakan konstruksi yang paling sederhana dan ringan dan mekanis penggeraknya ditempatkan di samping katup. Model ini dianggap yang paling tua dan kurang mampu melayani putaran tinggi. Oleh karena itu, model ini dimodifikasi menjadi model OHV. Katup jenis ini memiliki batang katup yang lebih panjang karena digerakkan oleh poros cam yang terletak sejajar dengan poros engkol. Gerakan poros cam dipandu oleh pipa yang terpasang kuat pada blok silinder. Jenis yang ketiga (SOHC) dirancang untuk membuat komponen sistem katup lebih ringan. Batang katup digerakkan bukan oleh poros cam, yang dianggap membuat komponen lebih berat, tetapi melalui roda gigi. Bahkan, pada inovasi terbaru ada pula yang digerakkan oleh rantai (cam chain). Inovasi terakhir ini disebut Double Overhead Camshft (DOHC). 

Kerenggangan Katup

     Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Jika celah katup lebih kecil dari standar berarti katup cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk. Akibatnya bensin lebih boros dan akibat dari keterlambatan katup menutup adalah tekanan kompresi menjadi bocor karena pada saat terjadi langkah kompresi (saat piston bergerak dari bawah keatas), katup belum menutup padahal seharusnya pada saat itu katup harus menutup rapat hal ini mengakibatkan tenaga mesin berkurang. Mesin tidak bisa stasioner, dan sulit dihidupkan, selain itu akibat celah katup terlalu sempit dapat terjadi ledakan pada karburator.
       Selanjutnya apabila celah katup lebih besar dari standar berarti katup terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada katup masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit. Tekanan kompresi menjadi rendah karena jumlah campuran bensin dan udara yang dikompresikan sedikit. Jika tekanan kompresi rendah maka akan berakibat tenaga motor menjadi berkurang. Akibat selanjutnya adalah mesin sulit dihidupkan. Setelah hidup maka suara mesinpun berisik sekali. Karena pemasukan gasnya kurang, mesin akan tersendat- sendat pada putaran tinggi. Sementara itu mesin tidak dapat berputar stasioner. Itulah sebabnya celah katup harus disetel dengan tepat. 

Biasanya besar kerenggangan celah katup masuk dan katup buang sekitar 0,04 – 0,07 mm. 



Pemeriksaan, penyetelan dan perawatan katup: 

a. Penyetelan celah katup sepeda motor satu silinder 

  1. Kunci kontak OFF. Posisi piston pada top kompresi. Untuk memastikan bahwa posisi piston pada top kompresi, perhatikan bahwa pada saat ini tanda T pada rotor magnet tepat dengan tanda garis pada bodi sepeda motor, celah platina membuka dan kedua katup menutup. 
  2. Jika posisi piston belum tepat pada posisi top kompresi putar poros engkol dengan kunci. Agar memutarnya ringan maka lepas busi dari dudukannya. 
  3. Setel celah katup dengan feeler sesuai dengan ketentuan. Untuk menyetel celah katup, kendorkan mur dan masukkan feeler dengan ketebalan yang sesuai spesifikasi. Setelah itu putar baut penyetel dan keraskan mur pengunci sedemikian rupa sehingga feeler hanya dapat ditarik dengan sedikit tahanan (agak berat). Setelah dikeraskan mur penguncinya, masukkan sekali lagi foler tersebut sebagai pengecekan apakah penyetelannya sudah tepat.
  4. Setelah kedua katup disetel, pasang kembali bagian yang dilepas dan hidupkan motor untuk pengontrolan. Jika ternyata celah katup terlalu longgar maka akan timbul suara berisik dari arah kepala silinder. Jika celah katup terlalu sempit biasanya motor agak sulit dihidupkan.

b. Penyetelan celah katup sepeda motor dua silinder 

  1. Kunci kontak OFF. Posisi piston silinder pertama pada top kompresi. Untuk memastikan bahwa posisi piston silinder pertama pada top kompresi, perhatikan bahwa pada saat ini tanda T pada rotor magnet tepat segaris dengan tanda garis pada bodi motor, celah platina membuka dan kedua katup silinder pertama menutup. 
  2. Jika posisi piston belum pada top kompresi, putar poros engkol dengan kunci. Agar memutarnya ringan, lepas terlebih dahulu busi dari dudukannya. 
  3. Setel kedua katup silinder pertama seperti cara menyetel katup pada sepeda motor satu silinder. Katup silinder yang satunya dapat disetel setelah poros engkol diputar satu kali putaran penuh dari kedudukannya. 
HAL yang perlu di PERHATIKAN:

  1. Jika baut penyetel diputar ke kanan searah putaran jarum jam maka celah katup menjadi sempit. Jika baut penyetel diputar ke kiri, berlawanan dengan arah putar jarun jam, celah katup menjadi longgar. 
  2. Pada saat mengeraskan mur pengunci baut penyetel harus ditahan agar celah katup tidak berubah. 
  3. Feeler yang sudah aus sekali atau bengkok sebaiknya tidak digunakan untuk menyetel celah katup.
  4. Jangan mengeraskan mur pengunci terlalu keras karena akan menyulitkan untuk mengendorkannya kembali. 5. Untuk memudahkan penyetelan katup, lepas bagian-bagian yang menggangu, seperti tangki bensin untuk jenis sepeda motor tertentu.

Chamshaft (Nokn As)

     Camshaft adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin untuk menjalankan poppet valve. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar. 
     Hubungan antara perputaran camshaft dengan perputaran poros engkol sangat penting. Karena katup mengontrol aliran masukan bahan bakar dan pengeluarannya, mereka harus dibuka dan ditutup pada saat yang tepat selama langkah piston. Untuk alasan ini, camshaft dihubungkan dengan crankshaft secara langsung (melalui mekanisme gear) atau secara tidak langsung melalui rantai yang disebut ”rantai waktu”. 

         Dalam  mesin dua langkah yang menggunakan sebuah camshaft, setiap valve membuka sekali untuk setiap rotasi crankshaft dalam mesin ini, camshaft berputar pada kecepatan yang sama dengan crankshaft.
          Dalam mesin empat langkah katup-katup akan membuka setengah lebih sedikit, oleh karena itu dua putaran penuh crankshaft terjadi di setiap putaran camshaft. 
        Gesekan luncur antara bagian muka cam dengan follower tergantung kepada besarnya gesekan. Untuk mengurangi aus ini, cam dan follower mempunyai permukaan yang keras, dan minyak pelumas modern mengandung bahan yang secara khusus mengurangi gesekan luncur. Lobe (daun telinga) dari camshaft biasanya meruncing, mengakibatkan follower atau pengangkat katup berputar sedikit dalam setiap tekanan, dan membuat aus komponen. Biasanya bagian muka dari cam dan follower dirancang untuk aus bersamaan, jadi ketika salah satu telah aus maka keduanya harus diganti untuk mencegah aus yang berlebihan.



Rantai Cam Dan Peregangannya 

      Katup masuk dan katup buang pada sepeda motor membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi pada ruang bakar. Proses yang terjadi pada ruang bakar motor ditentukan oleh langkah piston di mana langkah piston tersebut ditentukan oleh putaran poros engkol. Sebaliknya putaran poros engkol dipengaruhi pula oleh proses yang terjadi dalam ruang bakar. Dengan demikian ada hubungan timbal-balik antara putaran poros engkol dan proses yang terjadi dalam ruang bakar 
       Agar pembukaan katup-katup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar maka mekanisme pembukaan dan penutupan katup– katup tersebut digerakkan oleh putaran poros engkol. Ada tiga macam mekanisme penggerak katup, yaitu dengan batang pendorong, roda gigi, dan rantai (rantai camshaft). 
       Rantai camshaft sepeda motor harus dipasang dengan tegangan yang cukup. Rantai camshaft yang terlalu tegang akan menimbulkan bunyi mendesing terutama pada putaran tinggi sedangkan rantai camshaft yang terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik. Untuk menyetelnya harus diperhatikan terlebih dahulu mekanisme penyetelannya. Cara penyetelan rantai camshaft untuk setiap sepeda motor tidak sama.



Jika kekencangan rantai berubah-ubah, akan berpengaruh pada putaran mesin, valve timing atau saat pengapian akan berubah-ubah pula. 
Untuk menghasilkan setelan rantai yang standar, ada 3 tipe penyetelan rantai:
  • Tipe penyetelan manual  Tipe ini memerlukan penyetelan kekencangan secara berkala. Cara penyetelan dengan menekan batang penekan 
  • Tipe penyetelan otomatis  Jika rantai mengalami kekendoran, maka secara otomatis batang penekan akan menekan chain guide (karet), karena adanya per penekan. Karet akan melengkung, dan akan menekan rantai sehingga rantai mengalami ketegangan. Selanjutnya batang penekan yang berbentuk rachet bergerak searah dan tidak dapat kembali 
  • Tipe semi otomatis  Ketegangan rantai secara otomatis menyetel sendiri, jika baut pengunci dilepas, sehingga batang penekan akan masuk kedalam karena tekanan per 

Komentar

Postingan Populer

Asal-Usul Buah Salak di Indonesia, Perannya, dan Manfaatnya

   Halo para pembaca sekalian yang berbahagia. Buah salak, atau yang dikenal juga sebagai "snake fruit" karena kulitnya yang bersisik seperti ular, merupakan salah satu buah khas Indonesia yang telah lama menjadi bagian dari budaya dan kuliner masyarakat. Buah ini memiliki rasa manis, asam, dan tekstur yang unik, membuatnya digemari oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda dari mana asal-usul buah salak dan bagaimana ia menjadi buah yang begitu populer di Indonesia? Artikel ini akan mengulas sejarah dan asal-usul buah salak di Indonesia. Selain itu artikel ini juga akan membahas tentang macam-macam varietas buah salak, perannya, dan manfaatnya. Baiklah mari kita bahas. A. Asal-Usul Buah Salak    Buah salak (Salacca zalacca) termasuk dalam keluarga Arecaceae (palem) dan diperkirakan berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Meskipun tidak ada catatan pasti tentang kapan pertama kali buah salak ditemukan, para ahli botani meyakini bahwa salak telah tumbuh ...

10 Strategi Belajar Efektif untuk Meningkatkan Nilai

 Inilah 10 Strategi Belajar Efektif untuk Meningkatkan Nilai      Meningkatkan nilai akademik adalah tujuan utama bagi banyak pelajar. Namun, untuk mencapainya, tidak cukup hanya dengan menghabiskan waktu berjam-jam di meja belajar. Dibutuhkan strategi belajar yang efektif dan terstruktur agar proses belajar menjadi lebih efisien dan hasilnya memuaskan. Berikut adalah 10 strategi belajar yang dapat membantu meningkatkan nilai akademik.  1. Tetapkan Tujuan yang Jelas      Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan akademik adalah menetapkan tujuan yang jelas. Tujuan ini bisa berupa nilai tertentu yang ingin dicapai dalam ujian atau pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pelajaran. Dengan memiliki tujuan yang spesifik, Anda akan lebih termotivasi dan terarah dalam belajar.      Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan nilai 90 pada ujian matematika, buatlah rencana belajar yang mengarah pada pencapaian tujuan ters...

Syi'iran Sholawatan Lirik Eman-eman Temen (Seri Penggugah Jiwa)

 Syiiran, sholawatan, nasyid seri penggugah jiwa gubahan lirik dari "Sholli wa sallim daaiman al ahmada" versi Jawa dan/atau Banyumasan dan sekitarnya. Eman-eman temen wong bagus ora ngibadah, Eman-eman temen wong bagus ora sembayang, Nabi Yusuf bagus, ya tetep ngibadah, Nabi Yusuf bagus, ya tetep sembayang, Eman-eman temen wong ayu ora ngibadah, Eman-eman temen wong ayu ora sembayang, Siti Fatimah ayu, ya tetep ngibadah, Siti Fatimah ayu, ya tetep sembayang, Eman-eman banget wong sugih ora ngibadah, Eman-eman banget wong sugih ora sembayang, Nabi Sulaiman sugih, ya tetep ngibadah, Nabi Sulaiman sugih, ya tetep sembayang, Eman-eman banget wong miskin ora ngibadah, Eman-eman temen wong miskin ora sembayang, Nabi Ayyub miskin ya tetep ngibadah, Nabi Ayyub miskin ya tetep sembayang, ##Terjemah Bahasa Indonesia: Sungguh sayang sekali orang ganteng tidak beribadah, Sungguh sayang sekali orang ganteng tidak sholat, Nabi Yusuf ganteng ya tetap beribadah, Nabi Yusuf ganteng ya tetap ...

Tips-tips Mengatasi Insomnia

Tips Atasi Insomnia: Bye-Bye Kantuk! Tips Atasi Insomnia: Bye-Bye Kantuk! Hayo ngaku, siapa di sini yang pernah bergelut dengan insomnia? Susah tidur, mata melotot sampai subuh, terus paginya lemas banget? Rasanya kayak perang melawan bantal, ya? Tenang, kamu nggak sendirian! Insomnia memang menyebalkan, tapi bukan berarti nggak bisa diatasi. Artikel ini bakal kasih kamu beberapa tips ampuh untuk melawan si musuh tidur ini, dengan cara yang santai dan mudah dipahami. Siap-siap kembali ke dunia mimpi indah! 1. Urus Dulu Si "Pikiran Liar"! Insomnia seringkali disebabkan oleh pikiran yang terlalu aktif. Bayangkan otakmu kayak radio yang nggak bisa dimatiin, terus memutar lagu-lagu galau sepanjang malam. Nah, untuk mengatasi ini, kita perlu menenangkan pikiran sebelum tidur. Cobain beberapa teknik relaksasi, seperti: Meditasi: Nggak perlu jadi ahli yoga kok! Cukup duduk tenang, fokus pada pernapasan, dan biarkan...

Kekayaan Alam Indonesia: Anugerah yang Sangat Melimpah

   Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam melimpah, baik dari segi sumber daya hayati maupun non-hayati. Dengan lebih dari 17.000 pulau yang membentang di antara dua samudra, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa serta sumber daya alam yang menjadi tumpuan ekonomi dan kehidupan masyarakatnya. Artikel ini akan mengulas berbagai aspek kekayaan alam Indonesia, mulai dari keanekaragaman hayati, hasil tambang, hingga potensi energi terbarukan. A. Keanekaragaman Hayati: Hutan dan Satwa Endemik    Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Hutan tropis yang luas menjadi rumah bagi ribuan spesies flora dan fauna. Salah satu keunggulan Indonesia adalah keberadaan hutan hujan tropis di Sumatra, Kalimantan, dan Papua, yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem global.    Hutan-hutan ini menjadi habitat bagi satwa langka dan endemik, seperti harimau Sumatra...

Tips Mudah Bangun Sahur untuk Menjalani Puasa dengan Optimal

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan memerlukan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh banyak umat muslim adalah bangun sahur. Bangun sahur, selain menjadi kewajiban untuk memenuhi nutrisi tubuh selama berpuasa, juga merupakan salah satu bentuk ketaatan dalam menjalankan ibadah. Namun, seringkali rasa kantuk yang luar biasa menjadi penghalang untuk bangun tepat waktu. Artikel ini akan membahas beberapa tips mudah dan efektif untuk membantu Anda bangun sahur dengan lebih mudah dan konsisten. Atur Pola Tidur yang Teratur Pola tidur yang teratur merupakan kunci utama untuk memudahkan bangun sahur. Usahakan untuk tidur dan bangun pada jam yang relatif sama setiap hari, termasuk di luar bulan Ramadan. Konsistensi ini akan membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah terbangun pada waktu yang telah diprogram. Hindari begadang berlebihan dan usahakan untuk mendapatkan tidur malam yang cuku...

Dua Kosong Dua Lima

  Tahukah sobat, bahwa bermain angka itu asik dan unik. Ya, berikut ini ada beberapa contoh penerapan permainan angka yang asik, unik, dan menarik. Apa saja itu?! Ayo kita langsung bahas ya.. 1. Dua Kosong Dua Lima  Ternyata penulisan angka dua kosong dua lima bisa banyak variasi lho, tentunya ini untuk main-main saja ya, bukan kegiatan formal, 😁 . Ini contohnya: Dua Kosong Dua Lima= 2025 Dua Kosong Dua Lima= 2055 (limanya dua) Dua Kosong Dua Lima= 0025 Dua Kosong Dua Lima= 0055 Betul apa betcul ?!.. 🤭 2. Perkalian angka Satuan Sembilan  Nah, ini boljug ya.. perkalian angka sembilan. Perkalian angka sembilan dengan bilangan 1-10 jika dijumlahkan angka-angka hasilnya angka menghasilkan angka sembilan juga...#*#* duh, ribet ya, nih langsung contohnya: 9x1 = 9 atau 09 (0 + 9 = 9) 9x2 = 18 (1 + 8 = 9) 9x3 = 27 (2 + 7 = 9) 9x4 = ... (3 + 6 = 9)  9x... = .................. 9x... = .................. 9x7 = 63 (... + ... = 9) ....... = ................... 9x9 = 81 (8 + 1 =...